Translate

Friday, November 6, 2015

Benarkah Malam Jum"at malam Sunah Rosul

Benarkah Malam Jumat adalah malam yang Sunnah untuk melakukan hubungan suami istri (Bersetubuh).

.
Sudah sering kita mendengar ungkapan dan perkataan seperti itu, Baik disaat berkomunikasi langsung dengan orang, maupun sapaan yang kerap muncul dalam jejaring sosial semacam facebook, twitter, ataupun BBM, dan ungkapan itu seringkali dijadikan sebagai bahan guyonan, bualan atau bahkan mendekati pelecehan terhadap Nabi dengan istilah ‘sunnah Rasul dimalam jumat’ kebanyakan mereka yang mengatakan itu hanya ikut-ikutan kabar dari orang saja tanpa mengetahui apakah ada dalilnya dari Nabi ataukah tidak ada.
.
Adapun kabar yang mengatakan Sunnah Rasul berhubungan suami istri dimalam jumat berawal dari hadits dibawah ini:
.
“ Barangsiapa melakukan hubungan suami istri dimalam Jumat maka pahalanya sama dengan membunuh 100 orang Yahudi.
Ada yang menyebutkan sama dengan membunuh 1000 orang Yahudi atau membunuh 7000 orang Yahudi, bahkan ada yang menyamakan dengan pahala jihad fisabilillah.
.
Setelah diteliti oleh pakar hadist indonesia salah satunya bapak Prof. DR. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA imam besar mesjid Istiqlal Jakarta beliau mengatakan kalau hadits diatas tsb tidak ditemukan satupun di dalam kitab-kitab hadist, baik kumpulan hadits-hadist dhaif apalagi hadist shahih, ternyata Kalimat tersebut tidak ada sanad/ tidak bersambung kepada sahabat Nabi, apalagi sampai kepada Rasulullah saw. yang pada akhirnya disimpulkan kalau hadits “Sunnah Nabi bersetubuh dimalam jumat” diatas adalah sama sekali bukan dari hadits Nabi, dan itu adalah hadits PALSU yang telah dikarang oleh orang-orang iseng, orang tidak jelas, dan tidak bertanggung-jawab yang telah mengatasnamakan hadist dan sunnah Rasulullah saw.
.
Di dalam banyak kitab-kitab Hadist Nabi tidak ditemukan satu-pun hadist tentang berhubungan suami istri pada malam-malam tertentu, waktu-waktu tertentu termasuk juga pada malam Jum’at, di Indonesia sangat subur beredar hadits-hadits palsu yang bermaksud untuk menyesatkan dan membodoh-bodohi umat islam.
.
Ingatlah Firman Allah dan pesan dari Rasulullah sebagai berikut dibawah ini:
.
Allah swt berfirman:
" Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggunganjawabnya.
(Qs. Al-Isra: 36).
.
Dari Ali berkata, telah bersabda Rasulullah saw.:
.
“ Janganlah kalian berdusta atas namaku, karena barangsiapa yang berdusta atas namaku maka hendaklah ia masuk neraka.
(HR. Bukhari: 106, Muslim: 1, at-Turmudziy: 2660, Ibnu Majah: 31 dan Ahmad: I/ 83).
.
Dari Ibnu Umar ra. bahwasanya Rasulullah bersabda:
.
“ Sesungguhnya orang yang berdusta atas namaku akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di dalam neraka.
(HR. Ahmad: II/ 32, 103, 144).
.
Dari Salamah bin al-Akwa’ ra. berkata, aku pernah mendengar Nabi bersabda:
.
“ Barangsiapa yang berkata atas namaku sesuatu yang TIDAK pernah aku katakan, maka siapkan tempatnya dineraka”.
(HR. Bukhari: 109 dan Ahmad: II/ 501).
.
Dari Abu Hurairah ra. Berkata, telah bersabda Rasulullah saw:
.
“ Barangsiapa yang berucap atas namaku yang TIDAK pernah aku ucapkan maka siapkan tempatnya di neraka.
(HR. Ibnu Majah: 34 dan Ahmad II/ 321).
.
Dari al-Mughirah bahwa Rasulullah bersabda:

“ Sesungguhnya berdusta atas namaku itu tidaklah seperti berdusta atas nama seseorang, Barangsiapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja, maka siapkan tempatnya itu di neraka”. [HR. Muslim: 4).
.
Dari Abu Hurairah ra. Kalau Rasulullah bersabda:
.
“ Akan ada sekelompok orang dari umatku di akhir zaman yang menceritakan (hadits) kepada kalian yang tidak pernah didengar oleh kalian dan bapak-bapak kalian, Waspadalah kalian terhadap mereka.
(HR. Muslim: 6).
.
Yang ada riwayatnya tentang Sunnah Nabi yang dilakukan pada malam ataupun hari Jumat adalah sebagai berikut:
.
1. Memperbanyak membaca Shalawat.
2. Membaca Al-Qur’an khususnya surat Al-Kahfi.
3. Memperbanyak berdo’a.
.
Jadi, kalau bicara Sunnah Nabi dihari dan malam Jum’at, ya silahkan kaitkan saja dengan 3 aktivitas yang disebutkan diatas tsb, tapi jangan kaitkan malam jumat dengan sunnah seks bagi pasangan suami istri.
.
Bagi pasangan suami istri yang ingin bersetubuh pada malam jumat dipersilahkan dan tidak ada larangan, cuma tidak ada malam atau waktu khusus untuk bersetubuh yang terlalu diistimewakan.
.
Berhati-hatilah jangan sampai kita mengatakan kalau malam jumat adalah malam sunnah nabi untuk bersetubuh apalagi sampai mengatakan kalau bersetubuh dimalam jumat itu pahalanya sama membunuh orang Yahudi, ini sangat keterlaluan, karena kita bisa berdusta atas nama hadist Nabi, padahal Nabi tidak pernah mengatakan akan hal itu, dan bagi yang tetap keras kepala mengatakan hal itu padahal dia tahu kalau itu bukan hadist nabi, maka bersiap-siaplah mendapat ancaman dari Nabi seperti dalam hadist tsb diatas.
.
Stop,,, jangan lagi mengatakan kalau malam jumat itu adalah malam sunnah Nabi untuk bersetubuh....

No comments :

Post a Comment